FENOMENA PENGGUNAAN SEPEDA MOTOR SEBAGAI ALAT TRANSPORTASI KE SEKOLAH OLEH SISWA TINGKAT SLTP DI KECAMATAN KEPENUHAN THE PHENOMENA OF MOTORCYCLE USE AS STUDENTS’ TRANSPORTATION TO SCHOOL AT JUNIOR HIGHT SCHOOL OF SUB-DISTRICT KEPENUHAN

Authors

  • Alfi Rahmi Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/aptk.v4i2.938

Keywords:

Transportasi Pelajar, Sepeda Motor, Sekolah

Abstract

Kendaraan roda dua atau motor adalah pilihan yang praktis, tidak hanya dari kalangan orang dewasa saja, bahkan dari kalangan remaja dan anak-anak. Penggunaan motor dikalangan remaja pelajar sangat marak pada saat ini, terlihat dari banyaknya motor-motor yang diparkir berjejer dihalaman sekolah. Hasil penelitian dari enam sekolah tingkat SLTP di Kecamatan Kepenuhan diperoleh, menggunakan motor sendiri kesekolah sebesar 39%, Untuk Alasan siswa-siswi membawa motor sendiri ke sekolah diperoleh sebesar 47% di karenakan jarak dari rumah ke sekolah jauh. Dari jumlah yang menggunakan motor sendiri ke sekolah 53% adalah laki-laki dan 47% nya adalah perempuan. Sedangkan dari segi usia yaitu, 33% berusia 14 tahun. 8% yang menggunakan Helm dan 92% lain nya tidak menggunakan Helm. Kecepatan rata-rata 62% dengan kecepatan 40 km/jam, 3% dengan kecepatan 50 km/jam, 27% dengan kecepatan 60 km/jam dan 8% dengan kecepatan 80 km/jam.

References

H.S. Djajosman, Polisi dan Lalu Lintas, tanpa penerbit, 1976.

Kartini Kartono. Psikologi Sosial 2, Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali. 1988

Ramdlon Naming, Menggairahkan Kesadaran Hukum Masyarakat dan Disiplin Hukum. Dalam Lalu Lintas, PT. Bina Ilmu, Surabaya, 1983.

Soerjono Soekanto, Inventarisasi dan Analisa Terhadap PerUndang-andangan Lalu Lintas, CV Rajawali, Jakarta, 1984.

Suwardjoko Warpani, Rekayasa Lalu Lintas, Bhatara Karya Aksara. Jakarta, 1995

Downloads

Published

2014-07-11