EVALUASI SISTEM TRANSPORTASI SAMPAH KOTA PASIR PENGARAIAN KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

  • Alfi Rahmi Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/aptk.v5i1.939

Keywords:

Evaluasi, sampah, system transportasi

Abstract

Transportasi sampah merupakan upaya pengangkutan sampah dari sumber sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA). Permasalahan yang sering terjadi dalam system pangangkutan adalah tidak terangkutnya seluruh sampah yang ada dilapangan ke lokasi TPA. tujuan mengevaluasi system transportasi sampah yang ada adalah untuk melihat sejauh mana kemampuan transportasi yang ada untuk mengangkut semua sampah yang ada di lapangan, termasuk jenis kendaraan pengangkut, jumlah personil, rute yang dilalui. Hasil dari penelitian yang dilakukan di kota Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan hulu adalah terdapat lima buah kendaraan pengangkut jenis dump truck berkapasitas 10.26 m3 dengan jumlah personil lima orang. Pola pengangkutan sampah dilakukan dengan sistem langsung dengan satu ritasi setiap hari. Volume sampah lapangan rata-rata sebesar 107.8 m3/hari. Kapasitas total kendaraan pengangkut 51.3 m3. Persentase kapasitas TPA 35.8%.  Persentase kapasitas pengangkutan jika dilakukan dua kali ritasi setiap hari sebesar 95.2%.

References

Damanhuri, Enri. Damanhuri, Tri Padmi. 2003. Pengelolaan Sampah. Bandung.

Damanhuri, Enri. Damanhuri, Tri Padmi. 2010. Diktat Kuliah TL-3104. Pengelolaan Sampah. Institut Teknologi Bandung.

Deradjat. S dan Chaerul.M. 2009. Evaluasi Sistem Pengangkutan Sampah di Wilayah Bandung Utara. Teknik Sipil dan Lingkungan, Institute Teknologi Bandung

Komala, P.S., R. Aziz, dan F. Ramadhani, 2012. Evaluasi Produktivitas Sistem Transportasi Sampah Kota Padang, Jurnal Teknik Lingkungan UNAND, 9 (2)

Maryono, B.H. Wahyudi. 2007. Kajian Pengangkutan Persampahan di Kota Semarang Berdasarkan Grafik Pengendalian Kecepatan. Jurnal Presipitasi, 2 (1)

SNI 19-2454-2002 tentang Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan, Badan Standar Nasional (BSN).

Downloads

Published

2013-01-11