PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON

Authors

  • Irma Mananda Jurnal Untuk Persyaratan Wisuda

Keywords:

Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Pemahaman konsep, Hukum Newton

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan hukum Newton. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain penelitian One Group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Rambah Hilir. Sampel yang ditetapkan adalah kelas X.1 sebanyak 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket media pembelajaran dan tes pemahaman konsep siswa. Pengujian hipotesis tersebut menggunakan uji-t. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji gain score ternormalisasi, dengan tingkat perolehan rata-rata gain score ternormalisasi masuk dalam kategori tinggi yaitu 0,82. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis, hasil perhitungan diperoleh thitung= 19,17 dan ttabel = 2,04 dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan hukum Newton.

References

Adriyanto, B., 2010. Pelatihan pengembangan dan Pemanfaatan Konten JARDIKNAS Tingkat Nasional Tahun 2010 (Pembuatan Animasi dengan Macromedia Flash). Modul. Kementerian Pendidikan Nasional: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.

Afyuni, C., 2015. Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu pada Mata Pelajaran Fisika Setelah Penerapan Model Pelajaran Advance Organizer Berbasis Mind Mapp. Skripsi. Pasir Pengaraian : Universitas Pasir Pengaraian.

Anderson, Lorin W. & Krathwohl, D. R. (2001).A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing: a Revision of Bloom’s Taxonomy. New York. LongmanPublishing.(http://www,kurwongbss.qld.edu.au/thinking/Bloom/blooms.htm) diakses pada hari jum’at, 25 November 2016.

Arikunto, S., 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

., 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

., 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A., 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Prasada.

Astariana, W., Syafi’i, W., dan Sayuti, I. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII SMP dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal, Diakses pada hari Minggu, 27 November 2016.

Astuti, W.W., 2013. Efektivitas Penggunaan Virtual Laboratory pada Mata pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Skripsi. Inderalaya: Universitas Sriwijaya. (Tidak Diterbitkan).

Aththibby, A. R., 2010. Perancangan Media pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Komputer untuk Sekolah Menengah Atas Pokok Bahasan Hukum-Hukum Newton Tentang Gerak. Skripsi Ilmu Pendidikan, (Online), (http://aththibby.wordpress.com/publikasi-ilmiah/.pdf), diakses hari Sabtu, 22 Oktober 2016).

Daryanto. 2010. Media pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Fero, D., 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 Mata Pelajaran TIK Pokok Bahasan Proses Kerja Peralatan TIK di SMA N 2 Banguntapan. Skripsi.Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Hardiyanto, W., Kurniawan, E. S., dan Nurhidayati. 2011. Pemanfaatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Macromedia Flash 8 Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sifat Mekanik Bahan Kelas X TKJ 2 SMK Batik Perbaik Tahun 2011/2012. Jurnal pendidikan (1)-1, Diakses Pada hari Sabtu, 22 Oktober 2016.

Kustandi, C., dan Sutjipto, B., 2011. Media pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kusumaningtias, I. H., 2011. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas Bilingual VIII C SMP N 1 Wonosolo. Skripsi UNY. Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Mahardika, G., 2014. Media Pembelajaran Perakitan PC Menggunakan Macromedia Flash Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan. Skripsi, (Online),http://eprints.uny.ac.id/28693/1/Galih%20Mahardhika%20%2007520244065.pdf), diakses hari Sabtu, 22 Oktober 2016).

Mauke, M., Sadia, I. W., dan Suastra, I. W., 2013. Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA-Fisika di MTs Negeri Negara. e-journal (3)-2 . Singaraja: Universitas Negeri Ganesha.

Munafiah, S., 2011. Peningkatan Pemahaman Konsep Pada Materi Hukum Newton dengan Menggunakan Media Pembelajaran visual Berbasis Macromedia Flash Kelas X.1 MA AL AHROM Karang Sari Karang Tengah Demak Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. (Online), (http://library.walisongo.ac.id/digilib/download.php?id=20972.pdf), diakses hari Sabtu, 22 Oktober 2016).

Panjaitan, M. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Animasi Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negri 3 Tambusai Rokan Hulu Riau. Skipsi. Pasir Pengaraian : Universitas Pasir Pengaraian. (Tidak Diterbitkan).

Pujianto, Supardianningsih, Chasanah, R., dan Abadi, R., 2013. Fisika untuk SMA/MA Kelas X. Klaten: Intan Pariwara.

Rizkiana, M. A., 2010. Aplikasi Metode Team Assisted Individualization (TAI) yang Disertai dengan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Peran Serta dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa KelasVII SMP Negeri 2 Tasikmadu Kuranganyar Tahun ajaran 20072008. Skripsi. (Online),(http://biologi.fkip.uns.ac.id/wpcontent/uploads/2010/10/10.024 APLIKASI-METODE-PEMBELAJARAN.pdf.) diakses hari Sabtu, 22 Oktober 2016).

Sadiman, Arief S., Rahardjo R., Haryono, A., Rahardjito., 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Salim, A., Ishafit dan Toifur., 2011. Pemanfaatan Media Pembelajaran (Macromedia Flash) dengan pendekatan konstruktivis Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Fisika Pada Konsep Gaya.Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. Prosiding seminar Nasional Penelitian, pendidikan, dan penerapan MIPA. F-279.

Sakti, I., 2013. Pengaruh Media Animasi Fisika Dalam Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, (Online), (http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/viewFile/778/598.html.%20%5B7.) diakses hari Sabtu, 22 Oktober 2016).

Saputri, A., 2016. Efektivitas Penggunaan Media Komik Kartun Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 2 Tambusai. Skripsi. Pasir Pengaraian: Universitas Pasir Pengaraian.

Saputro, E. B., 2009. Kontribusi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Membantu Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembiasan Cahaya Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mijen Demak Tahun 2008/2009. Skripsi pendidikan. (Online), (http://lib.unnes.ac.id/1321/1/4874.pdf), diakses hari Sabtu, 22 Oktober 2016).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supendi. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Tandur Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Muhammadiyah Rambah. Skripsi. Pasir Pengaraian: Universitas Pasir Pengaraian.

Vistha, F. M., 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Multimedia Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi. (Online), (eprints.uny.ac.id/1762/1/FENY_MEGA_VISTHA(033124735).pdf), diakses pada hari Sabtu, 22 oktober 2016).

Widodo, E. M., 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Quantum Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rambah Hilir. Skripsi. Pasir Pengaraian: Universitas Pasir pengaraian.(Tidak Diterbitkan).

Downloads

Published

2017-02-25