PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 2 RAMBAH HILIR

Authors

  • Renita Nur Afni, Ratri Isharyadi, Annajmi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Keywords:

guided discovery learning model, conventional learning, mathematical concept understanding

Abstract

This study aims to determine the influence of  Guided Discovery learning model to mathematical concept  understanding ability in class VIII  at the State of SMP N 2 Rambah Hilir. The type of  this research  quasi-experimental research with Two-Group Posttes Only design. The population in this research is ente of class VIII SMP N 2 Rambah Hilir, sample was done by simple random sampling, which took two classes at random that do not have significant differences, so the class VIII B selected  as experimental class and the class VIII A as a control class. The experimental class learning is done by using guided discovery learning model, and the control class using conventional learning. Data collected by test, using the instrument  test from posttest.Posttest data analysis was done using t-test with tcount: 2.909 greater than ttable: 2,037 it show that there is an effect by guided discovery learning model to the mathematical concept  understanding of class VIII SMP N 2 Rambah Hilir.

References

Depdiknas.(2006), Sosialisasi KTSP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Kesumawati,N.2008.pemahaman konsep matematika dalam pembelajaran matematika.Semnar matematika dan pendidikan matematika

Markaban.2008. Model Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta. Departeman Pendidikan Nasyonal Pusat Pengembangan dan Penetaran Guru Matematika.

Meiriza, R.2014.pengaruh penerapan penerapan metode penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX MtsN payakumbuh. Skripsi universitas Bung Hatta. Tidak diterbitkan

Mulyatiningsih, E.2011.Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: ALFABETA.

NCTM. (2000). Principles and standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Theachers of Mathematics

Sari,EP.2016. Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII Di SMP Nahdatul Ulama Palembang. Skripsi Universitas Raden Fatah Palembang.

Septianingsih,R. 2015. peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui strategi pembelajaran the power of two pada siswa kelas viii smp negeri 1 rokan iv koto. Sekripsi UPP.tidak diterbitkan

Shadiq, F. 2009. Model-model pembelajaran matematika SMP.Departemen pendidikan nasional Direktoral jendral peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan.Pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan(PPPPTK)Matematika.

Zulkarnain,I.2014.Model penemuan terbimbing dengan teknik maind mapping untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Jurnal pendidikan matematika vol 2, no 3.

Downloads

Published

2017-03-20