ANALISIS PEMETAAN, POTENSI USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.30606/js.v6i1.1530Keywords:
Potensi, UKM, SWOTAbstract
Dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan. Salah satu kegiatan atau usaha yang sangat berpotensi untuk memberikan kontribusi ke arah tersebut adalah kegiatan ekonomi berskala kecil dan menengah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui data base usaha perdagangan serta menganalisis segmentasi perdagangan untuk membuat strategi kebijakan dalam rangka meningkatkan peran dan kontribusi perdagangan di kota Jambi. Penelitian ini dilakukan pada seluruh kecamatan yang ada di kota Jambi dengan dua model analisis yaitu model analisis deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap kecamatan memiliki keunggulan masing-masing. Sebagai contoh kawasan kecamatan Jambi selatan yang memiliki kelebihan berada di pinggiran kota sehingga cocok sebagai kawasan komplek pergudangan di kota Jambi.References
Aaker, A.David. (2008). Manajemen Ekuitas Merek . Alih Bahasa Oleh Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama
Andi Offset Swastha, Bayu, & Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Edisi Pertama, Cetakan Ketiga, Yogyakarta : BPFE
Ali, Hasan , (2008). Marketing Yogyakarta. Media Pressindo.
Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Bilson, Simamora. (2001). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Edisi pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
______Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi dan control, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2, Jakarta, Prehalindo, alih bahasa oleh Hendra Teguh S.E.,A.K., dan Ronny A. Rusli, S.E.
_________2005. According to Kotler. Terjemahan Herman Sudrajat, Jakarta : Bhuana Ilmu Populer
Lamb, McDaniel. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Jakarta : Salemba Empat
Pakaya Alpin, Saleh Yanti, dan Murtisari Amelia.2012. Analisis segmentasi pasar terhadap volume penjualan tahu pada ukm remaja karya di kecamatan kota timur kota Gorontalo
Suliyanto. 2008. Teknik Proyeksi Bisnis Teori dan Aplikasi dengan Microsoft Excel. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua, Cetakan Keenam, Yogyakarta : Andy