ANALISIS PEMETAAN, POTENSI USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KOTA JAMBI

Authors

  • ahmad soleh

DOI:

https://doi.org/10.30606/js.v6i1.1530

Keywords:

Potensi, UKM, SWOT

Abstract

Dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan. Salah satu kegiatan atau usaha yang sangat berpotensi untuk memberikan kontribusi ke arah tersebut adalah kegiatan ekonomi berskala kecil dan menengah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui data base usaha perdagangan serta menganalisis segmentasi perdagangan untuk membuat strategi kebijakan dalam rangka meningkatkan peran dan kontribusi perdagangan di kota Jambi. Penelitian ini dilakukan pada seluruh kecamatan yang ada di kota Jambi dengan dua model analisis yaitu model analisis deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap kecamatan memiliki keunggulan masing-masing. Sebagai contoh kawasan kecamatan Jambi selatan yang memiliki kelebihan berada di pinggiran kota sehingga cocok sebagai kawasan komplek pergudangan di kota Jambi.

References

Aaker, A.David. (2008). Manajemen Ekuitas Merek . Alih Bahasa Oleh Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama

Andi Offset Swastha, Bayu, & Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Edisi Pertama, Cetakan Ketiga, Yogyakarta : BPFE

Ali, Hasan , (2008). Marketing Yogyakarta. Media Pressindo.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Bilson, Simamora. (2001). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Edisi pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

______Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi dan control, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2, Jakarta, Prehalindo, alih bahasa oleh Hendra Teguh S.E.,A.K., dan Ronny A. Rusli, S.E.

_________2005. According to Kotler. Terjemahan Herman Sudrajat, Jakarta : Bhuana Ilmu Populer

Lamb, McDaniel. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Jakarta : Salemba Empat

Pakaya Alpin, Saleh Yanti, dan Murtisari Amelia.2012. Analisis segmentasi pasar terhadap volume penjualan tahu pada ukm remaja karya di kecamatan kota timur kota Gorontalo

Suliyanto. 2008. Teknik Proyeksi Bisnis Teori dan Aplikasi dengan Microsoft Excel. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua, Cetakan Keenam, Yogyakarta : Andy

Downloads

Published

2018-02-06