MANAJEMEN KELEMBAGAAN PASAR LELANG DALAM MEMFASILITASI PEMASARAN CABAI KELOMPOK TANI LAHAN PASIR PANTAI DI KECAMATAN PANJATAN, KABUPATEN KULON PROGO

Authors

  • Eksa Rusdiyana Program Studi Agribisnis, Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/js.v3i2.475

Keywords:

Cabai, Kelembagaan, Manajemen, Pasar Lelang

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengeksplorasi  dan  mendiskripsikan  manajemen kelembagaan pasar  lelang  di  Kecamatan  Panjatan,  Kabupaten  Kulon  Progo.  Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan strategi pengumpulan data dilakukan dengan  observasi,  wawancara,  serta  kajian  dokumen  dan  arsip.  Untuk  mengukur kesahihan  data  informasi  yang  diperoleh  digunakan  triangulasi  sumber  data.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar lelang cabai di Kecamatan Panjatan, Kulon Progo merupakan  bentuk  kelembagaan  ekonomi  petani  hasil  pengembangan  kelompok  tani cabai  yang  sudah  ada  sebelumnya.  Efektifitas  fungsi  pemasaran  yang  dilakukan  oleh pengelola pasar lelang membuat petani memilih pasar lelang sebagai saluran pemasaran utama untuk memasarkan cabainya. Efektifitas tersebut didukung dengan adanya sistem manajemen yang meliputi perencanaan produk, sistem penetapan harga, distribusi fisik, periklanan  dan  promosi,  serta  penjualan.  Berdasarkan  alur  tersebut  sistem  manajemen telah diatur menurut standar operasional dan prosedur (SOP) pasar lelang.

References

Basrowi, M. dan Soenyono, 2004,

Teori Sosial dalam Tiga

Paradigma, V de Press,

Surabaya

Departemen Pertanian, 2003,

Program Nasional

Pengembangan Penyuluhan

Pertanian. Departemen

Pertanian, Jakarta.

Dinas Pertanian Kabupaten

Kulon Progo, 2012. Luas Lahan,

Produksi, serta Rata-Rata Produksi

Cabai di Kulon Progo Tahun 2008-2012

Firdaus, M, 2008. Manajemen

Agribisnis. Bumi Aksara. Jakarta

Hariadi, S.S, 2011, Dinamika

Kelompok Teori dan

Aplikasinya untuk Analisis

Keberhasilan Kelompok Tani

sebagai Unit Belajar,

Kerjasama, Produksi, dan

Bisnis, Sekolah Pasca Sarjana

Universitas Gadjah Mada,

Yogyakarta

Kuntadi, E.B, 2011, Efisiensi

Pemasaran Cabai Merah Lahan

Pasir Pantai Melalui Pasar

Lelang di Daerah Istimewa

Yogyakarta, Tesis S2 Magister

Manajemen Agribisnis Tidak

dipublikasikan, Universitas

Gadjah Mada, Yogyakarta

Mardjoko, T, 2004, “Pasar Lelang

Harapan Baru Memperbaiki

Posisi Tawar Petani”. Diakses

melalui: www.bappebti.go.id,

diakses 15 Agustus 2014

Mulyadi, 2011, Akuntansi Biaya,

Aditya Media, Yogyakarta

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian

Kombinasi (Mix Methode),

Alfabeta, Bandung

Downloads

Published

2015-11-12

Issue

Section

Articles