APLIKASI DIAGNOSA PENYAKIT GIGI DAN MULUT MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

Authors

  • Akhmad Zulkifli STMIK Hang Tuah Pekanbaru
  • Rizki Ananda Putri STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Abstract

Sistem pakar merupakan salah satu bagian dari kecerdasan buatan yang akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sistem ini dirancang untuk menirukan keahlian seorang pakar dalam menjawab pertanyaan dan menyelesaikan suatu permasalahan.Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2007 ditemukan sekitar 23,4% penduduk indonesia mengalami permasalahan gigi dan mulut dan sekitar 1,6% mengalami kehilangan seluruh gigi asli. Dengan kata lain, angka ini memperlihatkan masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang cara pertolongan pertama pada penyakit gigi dan mulut saat ini sehingga dibutuhkan aplikasiberbasis web yang dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi tentang penyakit gigi dan mulut. Aplikasi web ini dirancang menggunakan pemrograman PHP dan memakai database MySQL sebagai penyimpanan data. Sistem pakar ini menggunakan metode penalaran forward chaining. Sistem pakar ini mampu memberikan solusi pertolongan pertama, solusi pencegahan, artikel yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut, dengan adanya sistem ini diharapkan masyarakat dapat segera memberikan pertolongan pertama dan solusi pencegahan pada penyakit gigi dan mulut

References

Abdulloh, Robi. 2015. Web Programming. Jakarta : PT. Eks Media Komputindo.

Ajlan, A. (2015). The Comparison Between Forward and Backward Chaining. International Journal of Machine Learning and Computing, 106-113.

Alhamda, S., 2011. Status Kebersihan Mulut Dengan Status Karies Gigi (Kajian Pada Murid Kelompok Umur 12 Tahun Di Sekolah Dasar Negeri Kota Bukittinggi). Jurnal Kedokteran Masyarakat., 27(2): 108-115.

Anum, R. 2013. Identifikasi Penyakit pada Tanaman Kedelai Menggunakan Metode Classical Probability. Malang: Universitas Brawijaya.

Azwar, S. 2011. Sikap dan Perilaku, Dalam: Sikap Manusia Teori dan Pengembangannya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Daniel dan Virginia, G.2010. Implementasi Sistem Pakaruntuk Mendiagnosis Penyakit dan Gejala Demam Menggunakan Metode Certainly Factor. Jurnal Informatika, Volume 6, Nomor 1.

Handojo, A. dan M. Isa Irawan. 2009. Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Sistem Pakar untuk Permasalahan Tindak Pidana terhadap Harta Kekayaan. Universitas Kristen Petra.

Kristiani Anie, Nandang Koswara., Hetty Anggrawati., Ira Wijaya., MukhlisNafarin., Nurhayati., Suwarsono., Siti Salamah., Zaeni Dahlan., Nasri., Rahayu Budiarti., Vegaroosa Vione., Nurmini Mappahia., Nining Ningrum., Setyo U.A., Emma Krisyudhanti., Lies Elina., Arnetty. 2010. Ilmu Penyakit Gigi dan Mulut. Jurusan Kesehatan Gigi PoliteknikKesehatan Tasikmalaya.

Meildy, Bayu. 2014. Daftar Simbol. [Online]. Tersedia : http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=83238. Diakses pada tanggal 21 Maret 2015.

Moh, Nazir. 2014. Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.

Mulyani, S. 2016. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

Nidhra, Srinivas dan Jagruthi Dondeti.2012. Black Box and White Box Testing Techniques- A Literature Review. International Journal of EmbeddedSystems and Application (IJESA), Vol 2, No.2, PP. 29-50.

Nield Gehrig, Jill S., & Willman, Donald E., 2011, Foundation of Periodontics for the Dental Hygienist Third Edition, Amerika Serikat, Wolters Kluwer Health, h. 269-272.

Puspitasari, Heni. 2011. Pemograman Web Database dengan PHP &MySQL. Yogyakarta : Skripta.

Siswanto, 2010. Kecerdasan Tiruan. Yogyakarta : Graha ilmu.

Sutojo, T., 2011, Kecerdasan Buatan, ANDI,Yogyakarta.

Suyanto. 2011. Artificial Intelligence. Bandung: Informatika Bandung.

Zulkifli. 2013. Model Prediksi Berbasis Neural Network untuk Pengujian Perangkat Lunak Metode Black Box. Seminar Nasional AplikasiTeknologi Informasi (SNATI). ISSN: 1907-5022, PP.33-37

Downloads

Published

2020-01-19