Penerapan Algoritma C4.5 Pada NUPTK Untuk Menentukan Pola Sertifikasi Guru Dengan Menggunakan Metode Klasifikasi Decision Tree (Studi Kasus : Pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu )

Authors

  • Jailani - Program Studi Pasca Sarjana Teknik Informatika Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang Jl. Raya Lubuk Begalung, Padang

Keywords:

NUPTK, Data mining, Algoritma C4.5, Klasifikasi, Decision tree

Abstract

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan data penting bagi Departemen Pendidikan Nasional. NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat tetap karena NUPTK yang dimiliki seorang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar atau terjadi perubahan data periwayatan. Pada program sertifikasi, PTK diwajibkan mengumpulkan data diri berupa Nomor Identitas (ID), kepemilikan NUPTK, tingkat pendidikan, usia, masa kerja, golongan guru dan jenissertifikasi. Dari data-data ini, akan ditentukan seseorang lulus atau tidak dalam sertifikasi guru.Dalam menentukan kelulusan, dibuatlah suatu syarat-syarat tertentu yang menjadi acuan penilaian. Tetapi diperlukan suatu syarat yang menjadi prioritas utama penetapan kelulusan sertifikasi guru. Algoritma C4.5 adalah merupakan salah satu algoritma dalam teknik klasifikasidata yang menghasilkan satu pohon keputusan. Dari pohon keputusan yang dihasilkan maka akan terdapat beberapa rule atau pengetahuan untuk suatu kasus. Teknik klasifikasi yang akan digunakan adalah Decision tree, yaitu algoritma C4.5. Dengan implementasi Algoritma C4.5dapat membantu pihak pengambil keputusan/kebijakan dalam menentukan calon sertifikasi guru layak atau dipertimbangkan untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPGJ).

References

Angga Ginanjar Mabrur dan Riani Lubis (2012). Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi

Kriteria Nasabah Kredit, Edisi 1 Volume. 1 Maret 2012.

Budanis Dwi Meilani Achmad dan Fauzi Slamet (2012). Klasifikasi Data Karyawan Untuk

Menentukan Jadwal Kerja Menggunakan Metode Decision Tree, Iptek Vol 16 No.1 Mei 2012.

Jonh Fredrik Ulysses (2013). Data Mining Clasificasion Untuk Prediksi Lama Masa Studi

Mahasiswa Berdasarkan Jalur Penerimaan Dengan Metode Naïve Bayes.

Khafis Hastuti (2012). Analisis Komparasi Algoritma Klasifikasi Data Mining Untuk

Memprediksi Mahasiswa Non Aktif. ISBN 979-26-0255-0

Liliana Swastina (2013). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Penentuan Jurusan Mahasiswa.

Gema Aktualita, Vol. 2 No. 1, Juni 2013.

Mohammed M. Abu Tair dan Alaa M. El-Halees (2012). Mining Educational Data to Improve Students’ Performance: A Case Study. ISSN 2223-4985 Volume 2. No.2, February 2012.

Nuqson Masykur Huda (2010). Aplikasi Data Mining Untuk Menampilkan Informasi Tingkat Kelulusan Mahasiswa,

Rizal Amegia Saputra (2014). Komprasi Algoritma Klasifikasi Data Mining Untuk Memprediksi Penyakit Tuberculosis (TB), SNIT 2014.

Sandro Romario. S (2-013). Penerapan Data Mining Pada RSUP DR. Moh Hoesin Sumatera Selatan Untuk Pengelompokan Hasil Diagnosa Pasien Pengguna Asuransi Kesehatan Miskin, TUV NORD 2013.

Strisno1, Afriyudi2, Widiyanto3 (2013). Penerapan Data Mining Pada Penjualan Menggunakan Metode Clustering : Studi Kasus PT. Indomarco Palembang, Vol.x No.x, 4 November 2013: 1-11

Downloads

Published

2015-12-23