Sistem Pakar Konsultasi Penyakit Kehamilan Berbasis Kasus Menggunakan Methode Case Based Reasoning (CBR)

Authors

  • Hendri Maradona Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pasir Pengairan Jl. Tuanku Tambusai Kumu, Desa Rambah, Kec. Rambah Hilir, Kab. Rokan Hulu Hp. 085265853585

Keywords:

Sistem Pakar, Penalaran Berbasis Kasus, Penyakit Kehamilan

Abstract

Penyakit pada seorang wanita yang sedang hamil merupakan penyakit yang sangat perlu diperhatikan. Karena hal ini meyangkut kesehatan dan kehidupan sang ibu dan bayinya. Pemanfaatan PBK dalam bidang kesehatan yang menyangkut masalah penyakit pada kehamilan akan sangat membantu bagi ibu hamil dalam mendeteksi dan mengetahui penyakit pada kehamilan. Penalaran berbasis kasus atau PBK adalah salah satu metode penyelesaian masalah berbasis pengetahuan untuk mempelajari dan memecahkan masalah berdasarkan pengalaman masa lalu. dalam tahapan proses pada penalaran berbasisi kasus ini di sesuaikan dengan studi kasus, meliputi teknik penyimpanan data kasus, pencarian kemiripan atau kesamaan kasus dan menghasilkan solusi sesuai dengan yang diinginkan. Sistem Pakar Konsultasi Penyakit Kehamilan Berbasis Kasus diharapkan dapat membantu masyarakat umum terutama ibu hamil terkait dengan penyakit kehamilan. Yang secara sederhana untuk membantu ibu hamil dalam mengetahui penyakit kehamilan berdasarkan gejala-gejala yang di rasakan ibu hamil dan memberikan informasi kesehatan selama kehamilan.

References

Althoff, K.D. “Case-Based Reasoning”, Handbook of Software Engineering & Knowledge Engineering (ed. S.K. Chang) Vol 1, Singapore, World Scientific, 2001.

Abdiansah (2009). “ Case Based Reasoning Untuk Pendukung Diagnosa Penyakit Kulit dan Kelamin Pada Manusia”, Seminar Nasional Electrical, Informatics and It’s Educations.

Sri Kusumadewi (2003). “Artificial Intelligence”, Edisi I, Yogyakarta, : Penerbit Graha Ilmu.

Stendy B Sakur (2010). “PHP5 Pemrograman Berorientasi Objek”, Edisi I, Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.

Anita Desiani, Muhammad Arhami (2006). “Konsep Kecerdasan Buatan”, Edisi I, Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

P. Santosh Kumar Patra, et al (2010). “ An expert System for Diagnosis of Human Diseases” International Journal of Computer Application (0975-8887).

Edmun K Burke (2005). “Multiple-Retrieval Case Based Reasoning for Course Timetabling Problems”, Journal of Operations Research Society.

Feri Fahrur Rohman, Ami Fauzijah (2008).”Rancangan Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Menentukan Jenis Gangguan Perkembangan Pada Anak”, Universitas Islam Indonesia : Media Informatika, Vol.6 No.1, Yogyakarta.

Muhammad Ahrami (2005). “Merancang dan Membuat Sistem Pakar”, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Stikubank, Semarang.

Sankar K Pal dan Simon C.K. Shiu (2004). “Fundations of Soft Case-Based Reasoning”. New Jersey:Wiley InterscienceBonham.

Syaiful Muzid (2008),”Teknologi Penalaran Berbasis Kasus (Case Based Reasoning) Untuk Diagnosa Penyakit Kehamilan” (1907-5022)

Downloads

Published

2016-03-09