Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Dalam Seleksi Penerima Program Restrukturisasi Kredit Macet dengan Metode Weighted Product dan Metode Borda”

Authors

  • Yermias Duha Manajemen Informatika, Amik Tri Dharma Pekanbaru Jendral Sudirman No 68 (Pelita Pantai) Telp (0761) 21843 Fax (0761) 21843 Pekanbaru

Keywords:

Restrukturisasi, Bank, Kredit, Seleksi, WP, Borda

Abstract

Bank adalah suatu lembaga keuangan yang menghubungkan pihak-pihak yang memiliki dana dengan pihak-pihak yang memerlukan dana, atau dana masyarakat ditarik oleh bank dan kemudian dipinjamkan kembali kepada masyarakat. Dalam memberikan kredit, bank harus mempunyai kepercayaan terhadap calon debitur bahwa dana yang diberikan akan digunakan sesuai dengan tujuan, dan pada akhirnya akan dikembalikan lagi kepada bank sesuai dengan perjanjian yang disepakati. Kredit macet adalah hal yang sering terjadi dalam dunia perbankan dimana debitur tidak memiliki kesanggupan untuk membayar yang telah di tetapkan. Restrukturisasi kredit mempunyai arti upaya perbaikan oleh pihak Bank terhadap nasabah yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kewajibannya atas Bank tersebut. Restrukturisasi kredit ini bertujuan untuk membantu agar nasabah yang mengalami kesulitan mampu menjalani kredit pinjamannya kembali lancar sehingga Pihak Bank tidak mengalami kerugian. Dalam melakukan seleksi penerima restrukriasi diperlukan sebuah metode yang mampu memberikan alternatif yang terbaik. Metode yang di gunakan adalah metode Weighted Product (WP) dan metode Borda yang di gunakan untuk vooting hasil penilaian masing-masing pengambil keputusan.

References

As. Mahmoeddin 2002. Melacak Kredit Bermasalah. Pustaka Sinar Harapan.

Budi Sutejo Dharma Oetomo, Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Efrain Turban, Jay E.Aronson, Ting Peng Liang, Decision Support Systems and Inteligent Systems, Edisi 7, Jilid 1.

Ismael, 2010. Manajemen Perbankan dari Teori Menuju aplikasi : Kencana Jakarta

Kadir, Abdul. 2003. Pemograman Web Mencakup: HTML, CSS, JAVASCRIPT dan PHP. ANDI. Yogyakarta

Kasmir, 2010 Dasar-dasar perbankan, Jakarta Raja Grafindo.

Kusrini,M.kom. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Penerbit Andi, Yogyakarta.

O’Brien, James A. dan Marakas, George M. 2011. “Management Information Systems, 10th Edition”. McGraw-Hill/ Irwin, New York

Sohail. 2009. Implementasi Metode (Analytic Network Process) ANP untuk Aplikasi Rekomendasi Peringkat Kinerja Guru pada SMA Negeri 1 Maospati.

Sri Kusumadewi., dan Sri Hartati,. (2006). Fuzzy Multi-Atribute Decision Making, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Downloads

Published

2016-03-07