Analisis Pengaruh Penggunaan Sistem Layanan Pelanggan pada PT. Amber Karya Batam

Authors

  • B. Herawan Hayadi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pasir Pengaraian Jl. Tuanku Tambusai Kumu, Desa Rambah, Kec. Rambah Hilir, Kab. Rokan Hulu
  • Arman Basri Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pasir Pengaraian Jl. Tuanku Tambusai Kumu, Desa Rambah, Kec. Rambah Hilir, Kab. Rokan Hulu

Keywords:

Penggunaan Teknologi, Sistem Informasi, Sistem Layanan Pelanggan.

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengungkapkan: (1) besarnya pengaruh antara penggunaan teknologi terhadap sistem layanan pelanggan, (2) besarnya pengaruh sistem informasi terhadap sistem layanan pelanggan, (3) besarnya pengaruh penggunaan teknologi dan system informasi terhadap sistem layanan pelanggan pada PT Amber Karya batam. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 orang karyawan yang ada pada PT Amber Karya Batam, dan sampel adalah semua karyawan yang ada di PT Amber Karya Batam yang berjumlah 50 orang sehingga dilakukan metode sensus. Tehnik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berbentuk angket. Angket di uji validitas dan reabilitas. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif antara penggunaan teknologi terhadap sistem layanan pelanggan, dengan nilai thitung = 3,820 dan signifikan 0,000, (2) terdapat pengaruh positif antara sistem informasi terhadap system layanan pelanggan, dengan thitung = 3,101 dan signifikan 0,003, (3) terdapat pengaruh penggunaan teknologi dan system informasi terhadap system layanan pelanggan, dengan nilai Fhitung = 109,735 dan signifikan 0,000. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan agar pimpinan memperhatikan kinerja sistem agar tidak timbul ketimpangtindihan program pada perusahaan.

References

Etsi, (1998), Telecommunication and Internet Protocol Harmonization Over Network

(TIPHON) General aspect of Quality of Service (QoS), diakses pada tanggal 9 Mei

, dari www.etsi.org

http://neila.staff.ugm.ac.id/wordpress/wp-otent/uploads2008/02/neila_buletin-tsm.pdf.diakses

tanggal 9 Mei 2012.

Nurhayati. (2011). Pengertian Analisis, diakses pada tanggal 18 Oktober 2011, dari

(http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=71003)

PT Birotika Semesta/DHLExpress : Palembang.

Ramdhani, N. (2008),”Model Perilaku Penggunaan ITNR-2007 Pengembangan dari Technology

Acceptance Model (TAM)”

Tjiptono. (2008). Pengertian dari Sistem Pelanggan, pengertian dari Layanan Pelanggan, dan

Pengertian dari Kuesioner

Downloads

Published

2016-03-09